91. Hukum Witir Setelah Shalat Tarawih
Adapun hukum witir setelah shalat tarawih adalah
sunnah, berdasarkan dalil-dalil sebagai berikut:
Dalil 1:
وحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، قَالَ: قَرَأْتُ
عَلَى مَالِكٍ، عَنْ نَافِعٍ، وَعَبْدِ اللهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ،
أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَلَاةِ
اللَّيْلِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلَاةُ
اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خَشِيَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ، صَلَّى
رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى»
Artinya: “Shalat malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika
salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu shubuh, hendaklah dia
shalat satu rakaat sebagai witir (penutup) bagi shalat yang telah dilaksanakan
sebelumnya.” (HR.
Al-Bukhari no. 990 dan Muslim no. 749)
Dalil 2:
وحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو
كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ
نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنْ
اللَّيْلِ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً يُوتِرُ مِنْ ذَلِكَ بِخَمْسٍ لَا
يَجْلِسُ فِي شَيْءٍ إِلَّا فِي آخِرِهَا. وحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ
أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ ح و حَدَّثَنَاه أَبُو
كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ وَأَبُو أُسَامَةَ كُلُّهُمْ عَنْ هِشَامٍ بِهَذَا
الْإِسْنَادِ
Artinya: Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar
bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami
Abdullah bin Numair, (dan diriwayatkan dari jalur lain) telah menceritakan
kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami Ayahku telah
menceritakan kepada kami Hisyam dari Ayahnya dari 'Aisyah dia berkata;
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa shalat malam tiga belas
rakaat, dengan lima rakaat witir, beliau tidak pernah melakukan sambil duduk
selain di akhir (hayatnya)." Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar
bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami 'Abdah bin Sulaiman, (dan
diriwayatkan dari jalur lain) telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib telah
menceritakan kepada kami Waki' dan Abu Usamah, semuanya dari Hisyam dengan
sanad hadits ini." (H.R Muslim No 1217)
Dalil 3:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ
قَالَ حَدَّثَنَا عَمْرٌو عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ مَخْرَمَةَ بْنِ
سُلَيْمَانَ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ نِمْتُ عِنْدَ مَيْمُونَةَ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا تِلْكَ اللَّيْلَةَ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ قَامَ
يُصَلِّي فَقُمْتُ عَلَى يَسَارِهِ فَأَخَذَنِي فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ فَصَلَّى
ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً ثُمَّ نَامَ حَتَّى نَفَخَ وَكَانَ إِذَا نَامَ
نَفَخَ ثُمَّ أَتَاهُ الْمُؤَذِّنُ فَخَرَجَ فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ. بقَالَ عَمْرٌو فَحَدَّثْتُ بِهِ بُكَيْرًا
فَقَالَ حَدَّثَنِي كُرَيْبٌ بِذَلِكَ
Artinya : Telah menceritakan
kepada kami Ahmad berkata, telah menceritakan kepadaku Ibnu Wahb berkata, telah
menceritakan kepada kami 'Amru dari 'Abdu Rabbih bin Sa'id dari Makhramah bin
Sulaiman dari Kuraib mantan budak Ibnu 'Abbas, dari Ibnu 'Abbas ia berkata,
"Suatu malam aku pernah tidur di sisi Maimunah, sementara Nabi shallallahu
'alaihi wasallam tidur di sebelahnya pada malam itu. Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam kemudian berwudlu lalu berdiri menunaikan shalat. Maka aku
datang dan berdiri shalat di samping kiri beliau. Namun beliau memegangku dan
menggeserku ke sebelah kanannya. Setelah itu beliau shalat tiga belas rakaat,
kemudian tidur hingga terdengar nafasnya. Dan memang beliau apabila tidur
(terdengar suara) nafas beliau. Kemudian seorang mu'adzin datang kepada beliau,
maka beliau pun keluar untuk menunaikan shalat (Shubuh) tanpa berwudlu
lagi." 'Amru berkata, "Aku ceritakan riwayat ini kepada Bukair, lalu
ia berkata, "Kuraib juga telah menceritakan kepadaku seperti itu."
(H.R Bukhari No 657)
Dalil 4:
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا
ابْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ سَلَمَةَ عَنْ كُرَيْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ بِتُّ عِنْدَ مَيْمُونَةَ فَقَامَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَى حَاجَتَهُ فَغَسَلَ وَجْهَهُ
وَيَدَيْهِ ثُمَّ نَامَ ثُمَّ قَامَ فَأَتَى الْقِرْبَةَ فَأَطْلَقَ شِنَاقَهَا
ثُمَّ تَوَضَّأَ وُضُوءًا بَيْنَ وُضُوءَيْنِ لَمْ يُكْثِرْ وَقَدْ أَبْلَغَ
فَصَلَّى فَقُمْتُ فَتَمَطَّيْتُ كَرَاهِيَةَ أَنْ يَرَى أَنِّي كُنْتُ أَتَّقِيهِ
فَتَوَضَّأْتُ فَقَامَ يُصَلِّي فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَأَخَذَ بِأُذُنِي
فَأَدَارَنِي عَنْ يَمِينِهِ فَتَتَامَّتْ صَلَاتُهُ ثَلَاثَ عَشْرَةَ
رَكْعَةً ثُمَّ اضْطَجَعَ فَنَامَ حَتَّى نَفَخَ وَكَانَ إِذَا نَامَ
نَفَخَ فَآذَنَهُ بِلَالٌ بِالصَّلَاةِ فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ وَكَانَ
يَقُولُ فِي دُعَائِهِ اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي بَصَرِي
نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ يَسَارِي نُورًا
وَفَوْقِي نُورًا وَتَحْتِي نُورًا وَأَمَامِي نُورًا وَخَلْفِي نُورًا وَاجْعَلْ
لِي نُورًا قَالَ كُرَيْبٌ وَسَبْعٌ فِي التَّابُوتِ فَلَقِيتُ رَجُلًا مِنْ
وَلَدِ الْعَبَّاسِ فَحَدَّثَنِي بِهِنَّ فَذَكَرَ عَصَبِي وَلَحْمِي وَدَمِي
وَشَعَرِي وَبَشَرِي وَذَكَرَ خَصْلَتَيْنِ
Artinya : Telah menceritakan
kepada kami Ali bin Abdullah telah menceritakan kepada kami Ibnu Mahdi dari
Sufyan dari Salamah dari Kuraib dari Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma dia
berkata; "Aku pernah bermalam di rumah Maimunah, lalu Nabi shallallahu
'alaihi wasallam bangun untuk membuang hajat. Kemudian beliau membasuh wajah
dan kedua tangannya, lalu beliau mendatangi tempat air yang digantung dan
membuka talinya. Kemudian beliau berwudlu di antara dua wudlu (dua kali dalam
membasuh), tidak banyak namun sempurna. Kemudian beliau melaksanakan shalat,
aku pun berdiri dan berjinjit khawatir beliau akan melihat bahwa aku
memperhatikannya, lalu aku berwudlu dan berdiri untuk shalat. Maka aku berdiri
di sebelah kiri beliau lalu beliau meraih telingaku dan menggeserku ke sebelah
kanannya. Shalat beliau pun selesai hingga tiga belas rakaat. Kemudian beliau
berbaring dan tertidur hingga terdengar tarikan nafasnya. Beliau jika tidur
terdengar tarikan nafasnya, lalu Bilal mengumandangkan adzan untuk shalat,
kemudian beliau shalat tanpa berwudlu lagi. Di dalam doanya beliau mengucapkan:
"'ALLAHUMMAJ'AL FI QALBI NURAN WA FI BASHARI NURAN WA FI SAM'I NURAN WA
'AN YAMINI NURAN WA 'AN YASARI NURAN WA MIN FAUQI NURAN WA MIN TAHTI NURAN WA
MIN AMAMI NURAN WA MIN KHALFI NURAN WA A'ZHIM LI NURAN' (Ya Allah, jadikanlah
cahaya di dalam hatiku, cahaya di dalam pendengaranku, cahaya di penglihatanku,
cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku, cahaya di hadapanku,
cahaya di belakangku, cahaya di atasku, cahaya di bawahku dan muliakanlah
cahaya bagiku)." Kuraib berkata; Ada tujuh di dalam dada, ia berkata; Lalu
aku bertemu dengan salah seorang anak Al Abbas, lalu ia menceritakannya
kepadaku, lalu menyebutkan; 'ASHABI WA LAHMI WA DAMI WA SYA'RI WA BASYARI'
(Uratku, dagingku, rambutku dan kulitku).' Ia berkata; Dan menyebutkan dua hal
lainnya. (H.R Bukhari No 5841)
92. Apa Yang Dibaca Didalam Witir?
Sunnah
bagi Imam untuk membaca dirakaat pertama dalam witirnya Q.S Al-a'la, dirakaat
kedua Q.S al-kaafirun dan dirakaat ketiga Q.S. Al-ikhlas. Ini berdasarkan
Hadits Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam:
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا
مَخْلَدُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ زُبَيْدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، أَنَّ رَسُولَ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُوتِرُ بِثَلَاثِ رَكَعَاتٍ،
يَقْرَأُ فِي الْأُولَى بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَفِي الثَّانِيَةِ
بِقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَفِي الثَّالِثَةِ بِقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ
وَيَقْنُتُ قَبْلَ الرُّكُوعِ، فإِذَا فَرَغَ قَالَ عِنْدَ فَرَاغِهِ: «سُبْحَانَ
الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ» ثَلَاثَ مَرَّاتٍ يُطِيلُ فِي آخِرِهِنَّ
Artinya: Dari
Ubay bin Ka’ab Radhiallahu Anhu dia berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
pernah shalat witir tiga rakaat, pada rakaat pertama beliau membaca:
“Sabbihisma rabbikal a’laa (surah Al A’la).” Pada rakaat kedua membaca: “Qul ya
ayyuhal kafirun (surah Al Kaafiruun), ” dan pada rakaat ketiga beliau membaca
“Qul huwallahu ahad (surah Al Ikhlas).” Lalu beliau qunut sebelum ruku’.
Setelah selesai, beliau membaca: “SUBHANAL MALIKIL QUDDUS” sebanyak tiga kali.
Beliau memanjangkan pada yang terakhir kalinya.” (HR. An-Nasai:
3/235 dan sanadnya dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan
An-Nasai: 1/371-372)
Atau
boleh bagi Imam untuk Membaca surat Al-A'laa pada rakaat pertama, surat
Al-Kafirun pada rakaat kedua, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas pada rakaat
ketiga. Dalilnya:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ، وَأَبُو يُوسُفَ
الرَّقِّيُّ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الصَّيْدَلَانِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ خُصَيْفٍ، عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ جُرَيْجٍ،
قَالَ: سَأَلْنَا عَائِشَةَ، بِأَيِّ شَيْءٍ كَانَ يُوتِرُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ قَالَتْ: «كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى
بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى، وَفِي الثَّانِيَةِ قُلْ يَا أَيُّهَا
الْكَافِرُونَ، وَفِي الثَّالِثَةِ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ»
.Artinya: "Dari Abdul Aziz bin Juraij
beliau berkata: Kami bertanya kepada 'Aisyah: Dengan apakah Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam shalat witir? Maka 'Aisyah menjawab: Beliau
membaca (sabbihismarabbikal a'la) pada rakaat pertama, dan (qul yaa ayyuhal
kafirun) ada rakaat yang kedua, dan (qul huwallahu ahad) serta (al
mu'awwidzatain/al-falaq dan An-Naas) pada rakaat yang ketiga."(HR. Abu
Dawud, At-Tirmidzy, Ibnu Majah, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)
93. Hukum Qunut Didalam Shalat Witir
Hukum qunut didalam shalat witir adalah sunnah,
dan ini dilakukan oleh Rasulullah Shollalalhu 'Alaihi Wasallam, seperti dalam
hadits yang telah kami sebutkan dipermasalahan 75, didalam hadits tersebut
disebutkan:
....وَيَقْنُتُ
قَبْلَ الرُّكُوعِ، فإِذَا فَرَغَ قَالَ عِنْدَ فَرَاغِهِ: «سُبْحَانَ الْمَلِكِ
الْقُدُّوسِ» ثَلَاثَ مَرَّاتٍ يُطِيلُ فِي آخِرِهِنَّ
Artinya: Dari Ubay bin Ka’ab Radhiallahu Anhu dia
berkata....”
Lalu beliau qunut sebelum ruku’. Setelah selesai, beliau membaca: “SUBHANAL
MALIKIL QUDDUS” sebanyak tiga kali. Beliau memanjangkan pada yang terakhir
kalinya.” (HR. An-Nasai: 3/235 dan sanadnya dinyatakan shahih oleh
Al-Albani dalam Shahih Sunan An-Nasai: 1/371-372)
94. Hukum Shalat Witir 3 Raka'at Atau Lebih
Dengan Satu Kali Salam
Hukum shalat witir 3
atau lebih dengan satu kali salam adalah boleh. akan tetapi tidak ada duduk
attahiyat kecuali diterakhir. dalilnya adalah:
وحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو
كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ
نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنْ
اللَّيْلِ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً يُوتِرُ مِنْ ذَلِكَ بِخَمْسٍ لَا
يَجْلِسُ فِي شَيْءٍ إِلَّا فِي آخِرِهَا. وحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ
أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ ح و حَدَّثَنَاه أَبُو
كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ وَأَبُو أُسَامَةَ كُلُّهُمْ عَنْ هِشَامٍ بِهَذَا
الْإِسْنَادِ
Artinya: Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar
bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami
Abdullah bin Numair, (dan diriwayatkan dari jalur lain) telah menceritakan
kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami Ayahku telah
menceritakan kepada kami Hisyam dari Ayahnya dari 'Aisyah dia berkata;
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa shalat malam tiga belas
rakaat, dengan lima rakaat witir, beliau tidak pernah melakukan sambil duduk
selain di akhir (hayatnya)." Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar
bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami 'Abdah bin Sulaiman, (dan
diriwayatkan dari jalur lain) telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib telah
menceritakan kepada kami Waki' dan Abu Usamah, semuanya dari Hisyam dengan
sanad hadits ini." (H.R Muslim No 1217)
95. Hukum Mengangkat Tangan Didalam Doa Ketika Witir
Para ulama berbeda
pendapat didalam permasalahan ini.
Ada yang mengatakan
bahwa hukum mengangkat tangan didalam qunut ketika witir adalah mustahabbun. dan ini adalah pendapat
syafi'iyah, juga perkataan imam ahmad, ishaq dan hanafiyah.
Adapun Imam Malik,
Yazid Bin Abi Maryam dan Auza'iy mengatakan bahwa hukum mengangkat tangan
didalam qunut ketika witir adalah ada dalam sunnah.
DalilKelompok Pertama:
Rasulullah Shollallahu
'Alaihi Wasallam Bersabda:
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيُّ،
وَأَبُو نَصْرِ بْنُ قَتَادَةَ، قَالَا: أنبأ أَبُو مُحَمَّدٍ يَحْيَى بْنُ
مَنْصُورٍ الْقَاضِي، أنبأ أَبُو الْقَاسِمِ عَلِيُّ بْنُ صَقْرِ بْنِ نَصْرِ بْنِ
مُوسَى السُّكَّرِيُّ بِبَغْدَادَ فِي سُوَيْقَةِ غَالِبٍ مِنْ كِتَابِهِ، ثنا
عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ، ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ الْمُغِيرَةِ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ فِي قِصَّةِ الْقُرَّاءِ وَقَتْلِهِمْ قَالَ: فَقَالَ لِي
أَنَسٌ: لَقَدْ " رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كُلَّمَا صَلَّى الْغَدَاةَ رَفَعَ يَدَيْهِ يَدْعُو عَلَيْهِمْ، يَعْنِي عَلَى
الَّذِينَ قَتَلُوهُمْ " رواه البيهقي 2/211
Artinya
: Dari Tsabit, dari Anas bin Malik tentang peristiwa al-Qurra’ (pembaca
al-Qur’an) dan terbunuhnya mereka, bahwasanya ia (Anas) berkata: “Aku telah
melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap kali shalat Shubuh,
beliau mengangkat kedua tangannya mendo’akan kece-lakaan atas mereka, yakni
orang-orang yang membunuh mereka.”
Diriwayatkan
oleh al-Baihaqi (II/211), dan ia berkata: “Beberapa Shahabat mengangkat tangan
mereka ketika Qunut, di samping yang kami riwayatkan dari Anas bin Malik dari
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”
Beliau
juga berkata : “Riwayat bahwa ‘Umar bin al-Khaththab Radhiyallahu ‘anhu
mengangkat tangan ketika Qunut adalah shahih.” [Al-Baihaqy, II/212]
Dalil Kelompok Kedua:
Imam Abdurrazzaq meriwayatkan dalam mushonnafnya
3/122 dengan sanad yang shohih:
عَنْ مَعْمَرٍ، وَابْنُ جُرَيْجٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ
قَالَ: «لَمْ تَكُنْ تُرْفَعُ الْأَيْدِي فِي الْوِتْرِ فِي رَمَضَانَ»
Artinya: Dari ma'mar
dan ibnu juraij dari ibnu syihab beliau berkata:Tidak diangkat kedua tangan ketika
witir didalam shalat tarawih pada bulan
ramadhan.
Istifadah:
Pertama:
Adapun
khabar-khabar yang digunakan oleh kelompok pertama adalah
menjelaskan tentang perbuatn Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam ketika
qunut nazila.[1]
dalilnya adalah isyarat dari perkataan dalam hadits : " mendo’akan kecelakaan atas mereka, yakni
orang-orang yang membunuh mereka.” dan ini
adalah qishotul qurro' yang menjadi sebab disyari'atkanya qunut nazilah.
Maka
oleh karena itu, kita katakan bahwa Rasulullah shollallahu alaihi wasallam mengangkat tangannya ketika qunut nazilah.
dan adapun dalam qunut nafilah/qunut witir maka beliau tidak mengangkat
tanganya. karena setiap sunnah, Rasulullah pasti menjelaskan tata cara
pelaksanaanya.
Ketika
qunut nazilah beliau mengangkat tanganya, berarti ummatnya juga harus
mengangkat tangan ketika qunut nazilah, dan ketika qunut nafilah/qunut witir
tidak dijelaskan beliau mengangkat kedua tangan didalamnya berarti menunjukkan
bahwa tidak ada mengangkat tangan ketika qunut nafilah.
Akan
tetapi, apabila qunut witir/ subuh diniatkan sebagai qunut nazilah, maka
disyariatkan mengangkat tangan, karena hal ini masuk dalam bab qunut nazilah.
wallahu a'lam
kedua:
Tempat
qunut adalah pada rakaat terakhir dan dibaca sebelum ruku’, sebagaimana dalam
hadits Ubay bin Ka’ab di atas. Hanya saja, dibolehkan terkadang qunut setelah
ruku’ berdasarkan atsar Umar bin Al-Khaththab riwayat Ibnu Khuzaimah
(2/155-156) dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shalat At-Tarawih hal.
41-42
ketiga:
Qunut
Nazilah disyari’atkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dan dikerjakan
di lima waktu shalat yang wajib (Zhuhur, Ashar, Maghrib, ‘Isya dan Shubuh). Dan
hukumnya sunnat.
Hadits-hadits
yang menetapkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam qunut Shubuh terus-menerus
sampai meninggal dunia semuanya dha’if (lemah) dan tidak dapat dijadikan
hujjah.
keempat:
keempat:
Kita
wajib mengikuti Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena sebaik-baik
petunjuk adalah petunjuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena beliau
telah bersabda:
وحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيدِ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: ...
وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ، وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلُّ
بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ.
Artinya
: Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa
sallam. dan sejelek-jeleknya perkara adalah
mengada-ngada dalam agama, dan setiap bid'ah adalah sesat” (H.R
Muslim no 867)
[1] Qunut
Nazilah adalah pembacaan doa yang dilakukan umat Islam untuk menolak kezhaliman
musuh-musuh Islam dan menghindarkan diri dari berbagai fitnah serta musibah,
pembantaian kaum muslimin oleh salibis dll.
Adapun sejarah Qunut
Nazilah.adalah ketika para sahabat yang diutus untuk mengajarkan Islam dan
Al-Qur’an dikhianati dan dibantai oleh kaum kafir pada peristiwa yang dikenal
sebagai Ba’tsul Raji’ (10 sahabat) dan Bi’ru Ma’unah (70 sahabat).
Rasulullah SAW melakukan Qunut Nazilah pada
setiap shalat wajib sebagaimana disebutkan dalam hadits “Rasulullah
saw melakukan qunut (Nazilah) selama satu bulan setelah ruku’ mendoakan untuk
kebinasaan beberapa perkampungan dari bangsa Arab,” (Mutafaqun alaihi)
“Rasulullah
SAW melakukan qunut (Nazilah) satu bulan berturut-turut dalam shalat Zhuhur,
Ashar, Maghrib, Isya dan Subuh, tatkala berkata sami’allahu liman hamidah pada
rakaat terakhir. Mendoakan
untuk kebinasaan perkampungan Bani Sulaim, kabilah Ri’l, Dzikwan dan ‘Ushiyyah.
Sahabat di belakangnya mengamini” (HR. Abu
Dawud dan Ahmad)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar