98. Kapan Lailatul Qodar Datang?
Semuanya sepakat bahwa
lailatul qadar terdapat pada bulan Ramadhan yaitu di 10 hari terakhir Bulan
Ramadhon. sebagaimana yang dijelaskan
oleh Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam didalam hadisnya:
وحَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا
ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي سَالِمُ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ أَبَاهُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ
إِنَّ نَاسًا مِنْكُمْ قَدْ أُرُوا أَنَّهَا فِي السَّبْعِ الْأُوَلِ وَأُرِيَ
نَاسٌ مِنْكُمْ أَنَّهَا فِي السَّبْعِ الْغَوَابِرِ فَالْتَمِسُوهَا فِي
الْعَشْرِ الْغَوَابِرِ
Artinya: Beberapa orang di antara kalian telah
bermimpi bahwa Lailatul Qadr itu terdapat pada tujuh malam yg awal, sedangkan
yg lain bermimpi terdapat pada tujuh malam terakhir (dari Ramadlan). Maka carilah
ia pada sepuluh yg akhir. (H.R Muslim No 1988).
Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam juga
bersabda:
وحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ جَبَلَةَ قَالَ
سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يُحَدِّثُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ كَانَ مُلْتَمِسَهَا
فَلْيَلْتَمِسْهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ
Artinya: Siapa yg ingin mencari (Lailatul
Qadr), maka hendaklah ia mencarinya pada sepuluh akhir Ramadlan. . (H.R Muslim
No 1990).
Akan tetapi, para ulama
berbeda pendapat didalam hari keberapanya secara pasti?
Al-Hafidz Ibnu Hajar:
"Para ulama berselisih pendapat dalam menentukan lailatul qadar dengan
perselisihan yang sangat banyak. Setelah kami himpun, ternyata pendapat mereka
mencapai lebih dari empat puluh pendapat" (Fathul Baari (IV/309))
Diantara
pendapat-perndapat tersebut adalah:
1. Lailatul qadar terdapat pada malam ganjil di sepuluh
malam terkahir, berdasarkan sabda Nabi Shollallahu 'Alaihi Wasallam:
عن ابن عمر رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : رَأَى
رَجُلٌ أَنَّ لَيْلَةَ الْقَدْرِ لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ فَقَالَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَرَى رُؤْيَاكُمْ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ
فَاطْلُبُوهَا فِي الْوِتْرِ مِنْهَا .
Artinya: Seseorang bermimpi bahwa lailatul qadar terjadi
pada malam kedua puluh tujuh. Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,
"Aku melihat mimpi kalian bertemu pada sepuluh hari terakhir, maka
hendaklah ia mencarinya (lailatul Qadar) pada malam-malam ganjil."
(HR. Muslim No 1987)
Dan Rasulullah Shollallahu
'Alaihi Wasallam bersabda:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ عُمَرُ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ
كَانَ مِنْكُمْ مُلْتَمِسًا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فَلْيَلْتَمِسْهَا فِي الْعَشْرِ
الأَوَاخِرِ وِتْرًا
Artinya:
Barangsiapa ingin mencarinya (lailatul qadar), hendaklah ia mencarinya pada
malam kedua puluh tujuh. (HR. Ahmad no 281, dishahihkan Al-Albani,
syekh ahmad syakir berkata dalam musnadnya 1/292 sanadnya shohih)
2. Lailatul qadar terdapat pada malam 21 Ramadhan, Hal
ini dijelaskan oleh Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam:
عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اعْتَكَفَ الْعَشْرَ الأَوَّلَ مِنْ رَمَضَانَ
، ثُمَّ اعْتَكَفَ الْعَشْرَ الأَوْسَطَ فِي قُبَّةٍ تُرْكِيَّةٍ عَلَى سُدَّتِهَا
حَصِيرٌ ، قَالَ : فَأَخَذَ الْحَصِيرَ بِيَدِهِ فَنَحَّاهَا فِي نَاحِيَةِ
الْقُبَّةِ ثُمَّ أَطْلَعَ رَأْسَهُ فَكَلَّمَ النَّاسَ فَدَنَوْا مِنْهُ فَقَالَ
: إِنِّي اعْتَكَفْتُ الْعَشْرَ الأَوَّلَ أَلْتَمِسُ هَذِهِ اللَّيْلَةَ ، ثُمَّ
اعْتَكَفْتُ الْعَشْرَ الأَوْسَطَ ، ثُمَّ أُتِيتُ فَقِيلَ لِي إِنَّهَا فِي
الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ ، فَمَنْ أَحَبَّ مِنْكُمْ أَنْ يَعْتَكِفَ فَلْيَعْتَكِفْ
فَاعْتَكَفَ النَّاسُ مَعَهُ ، قَالَ : وَإِنِّي أُريْتُهَا لَيْلَةَ وِتْرٍ
وَإِنِّي أَسْجُدُ صَبِيحَتَهَا فِي طِينٍ وَمَاءٍ ، فَأَصْبَحَ مِنْ لَيْلَةِ
إِحْدَى وَعِشْرِينَ وَقَدْ قَامَ إِلَى الصُّبْحِ فَمَطَرَتْ السَّمَاءُ ،
فَوَكَفَ الْمَسْجِدُ ، فَأَبْصَرْتُ الطِّينَ وَالْمَاءَ ، فَخَرَجَ حِينَ فَرَغَ
مِنْ صَلاةِ الصُّبْحِ وَجَبِينُهُ وَرَوْثَةُ أَنْفِهِ فِيهِمَا الطِّينُ
وَالْمَاءُ ، وَإِذَا هِيَ لَيْلَةُ إِحْـدَى وَعِشْرِينَ مِنْ الْعَشْرِ
الأَوَاخِرِ
Artinya: Dari
abu said radhiyallahu anhu beliau berkata: sesungguhnya Rasulullah Shollallahu
'Alaihi Wasallam Bersabda: Aku
telah I'tikaf sejak sepuluh awal bulan untuk mendapatkan Lailatul Qadr,
kemudian sepuluh yg pertengahan. Kemudian dikatakan kepadaku bahwa Lailatul
Qadr itu terdapat pada sepuluh akhir Ramadlan. Karena itu, siapa yg suka
I'tikaf, maka silahkan. Maka para sahabat pun ikut I'tikaf bersama-sama dgn
beliau. Dan beliau juga bersabda: Aku bermimpi melihat Lailatul Qadr di malam
ganjil, yg pada pagi harinya aku sujud di tanah yg basah. Memang, pagi-pagi
malam kedua puluh satu beliau shalat Shubuh sedangkan hari hujan sehingga
masjid tergenang air. Aku melihat tanah & air. Setelah selesai shalat
Shubuh, Nabi keluar, sedangkan di kening & hidungnya ada tanah basah. Malam
itu adl malam ke dua puluh satu dari sepuluh yg akhir bulan Ramadlan. (H.R Bukhari no 2018, muslim no 1994, nasa'I no 1339,
abu daud no 1174, ahmad no 10757 dan malik no 611 )
Istifadah:
Syaikh
Abu Malik berkata, " Yang jelas, menurutku, lailatul qadar terdapat pada
malam-malam ganjil di sepuluh hari terkahir Ramadhan dan berpindah-pindah di
malam-malam tersebut, tidak khusus hanya pada malam 27 saja..... Buktinya Nabi pernah mendapati lailatul qadar terjadi
pada malam ke 21, sebagaimana disebutkan dalam Hadits Abu Said.
3. Lailatul qadar terdapat pada malam ke 23 Ramadhon,
Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
و
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ سَهْلِ بْنِ إِسْحَقَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ
الْأَشْعَثِ بْنِ قَيْسٍ الْكِنْدِيُّ وَعَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ قَالَا حَدَّثَنَا
أَبُو ضَمْرَةَ حَدَّثَنِي الضَّحَّاكُ بْنُ عُثْمَانَ وَقَالَ ابْنُ خَشْرَمٍ
عَنْ الضَّحَّاكِ بْنِ عُثْمَانَ عَنْ أَبِي النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ
عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُنَيْسٍ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُرِيتُ لَيْلَةَ
الْقَدْرِ ثُمَّ أُنْسِيتُهَا وَأَرَانِي صُبْحَهَا أَسْجُدُ فِي مَاءٍ وَطِينٍ
قَالَ فَمُطِرْنَا لَيْلَةَ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ فَصَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَانْصَرَفَ وَإِنَّ أَثَرَ الْمَاءِ
وَالطِّينِ عَلَى جَبْهَتِهِ وَأَنْفِهِ قَالَ وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
أُنَيْسٍ يَقُولُ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ
Artinya: Aku diperlihatkan Lailatul Qadr,
kemudian aku lupa. Dan esok paginya aku sujud di tanah yg basah. Abdullah bin
Unais berkata; Kemudian turun hujan pada malam ke dua puluh tiga &
Rasulullah shalat bersama kami. Kemudian beliau pulang & terlihat bekas
tanah basah di dahi & hidung beliau. Abdullah bin Unais juga berkata, Itu
adl malam kedua puluh tiga. . (H.R Muslim No 1997).
Dan Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam
bersabda:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ أُنَيْسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :
أُرِيتُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ ثُمَّ أُنْسِيتُهَا ، وَأَرَانِي صُبْحَهَا أَسْجُدُ
فِي مَاءٍ وَطِينٍ ، قَالَ : فَمُطِرْنَا لَيْلَةَ ثَلاثٍ وَعِشْرِينَ ، فَصَلَّى
بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَانْصَرَفَ وَإِنَّ
أَثَرَ الْمَاءِ وَالطِّينِ عَلَى جَبْهَتِهِ وَأَنْفِهِ ؛ وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ أُنَيْسٍ يَقُولُ ثَلاثٍ وَعِشْرِينَ
Artinya: Dari Abdullah bin Unais Al-Juhani RA
bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Diperlihatkan kepadaku (dalam
mimpi) lailatul qadar namun aku kemudian terlupa. Aku juga masih ingat dalam
mimpiku aku sujud di waktu shalat Subuh di atas lumpur dan air.” Abdullah bin
Unais berkata: “Pada malam kedua puluh tiga, hujan turun kepada kami.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
mengimami kami shalat Subuh. Usai shalat, bekas lumpur dan air membekas
pada dahi dan batang hidung beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam .” Abdullah bin Unais berkata: “Malam
itu adalah malam kedua puluh tiga.” (HR. Muslim no. 1997 dan Ahmad no.
15467)
Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bersabda pula:
وعَنْ ابنِ عَباسٍ رَضيَ الله عَنْهُما قَالَ: «أُتِيْتُ
وأَنا نَائِمٌ في رَمَضَانَ فَقيلَ لي: إِنَّ الَّليلةَ لَيْلَةُ القَدْرِ، قَالَ:
فَقُمْتُ وَأَنا نَاعِسٌ فَتَعَلَّقْتُ بِبَعْضِ أَطْنَابِ فُسْطَاطِ رَسُولِ الله
صلى الله عليه وسلم فَأَتَيْتُ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم
فَإِذَا هُوَ يُصَلي، قَالَ: فَنَظَرْتُ في تِلْكَ الَّليْلَةِ فَإِذا هِيَ
لَيْلَةُ ثَلاثٍ وعِشرينَ»
Artinya: Dari Ibnu Abbas RA berkata, “Dalam mimpiku
pada suatu malam di bulan Ramadhan, aku didatangi (oleh malaikat) yang berkata:
‘Malam ini adalah lailatul qadar’. Aku pun terbangun sambil terkantuk-kantuk,
sehingga aku berpegangan pada tiang tenda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa
Sallam . Aku mendatangi Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang
saat itu tengah mengerjakan shalat. Aku menghitung malam itu, ternyata adalah
malam kedua puluh tiga.”(HR. Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, dan Ath-Thabarani.
Imam Al-Haitsami dalam Majmauz Zawaid, 3/76, menulis: “Seluruh perawi Ahmad
adalah para perawi Shahih Bukhari)
Istifadah:
Pendapat ini
dipegangi oleh sahabat Ibnu Abbas, Bilal bin Rabah, Aisyah, dan Abdullah bin
Unais Al-Juhani. Pendapat ini juga diikuti oleh imam Sa’id bin Musayyib.
Pendapat ini didukung oleh hadits berikut ini.
4. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 25 Ramadhan
sebagaimana yang ada dalam hadits Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam:
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ؟ فَقَالَ :
هِيَ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ أَوْ فِي الْخَامِسَةِ أَوْ فِي الثَّالِثَةِ .
Artinya:
Ia di sepuluh terakhir, pada malam kelima atau ketiga. )H.R ahmad no 21032, dishohihkan oleh syekh
al-bani didalam shohih al-jami' hadits
no 5471 (.
Dan
Sabda Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam:
عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ الأَسْقَع
رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :
أُنْزِلَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيم فِي أَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ،
وَأُنْزِلَتْ التَّوْرَاةُ لِسِتٍّ مَضَيْنَ مِنْ رَمَضَانَ ، وَالإِنْجِيلُ
لِثَلاثَ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ ، وَأُنْزِلَ الْقُرْآنُ لأَرْبَعٍ
وَعِشْرِينَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ
Dari Watsilah bin Al-Asqa’ RA bahwasanya Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
bersabda, “Shuhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadhan,
Taurat diturunkan pada malam keenam Ramadhan, Injil diturunkan pada malam
ketiga belas Ramadhan, dan Al-Qur’an diturunkan pada malam kedua
puluh empat Ramadhan.” (HR. Ahmad no. 16370, Ibnu Jarir Ath-Thabari,
Muhammad bin Nashr Al-Marwazi, Ibnu Abi Hatim, Ath-Thabarani, dan Al-Baihaqi
dalam Syu’abul Iman. Dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Jami’ Shaghir
no. 1497)
5. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 27 Ramadhan. Ini
pendapat sekelompok Shahabat. Bahkan Ubay bin Kaab memastikannya dan berani
bersumpah lailatul qadar jatuh pada malam 27, sebagaimana tertera dalam hadits
riwayat Muslim no 762.
Didalam hadits lain juga dijelaskan bahwa Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ، حَدَّثَنَا
أَبِي، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، أَنَّهُ سَمِعَ مُطَرِّفًا، عَنْ
مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ قَالَ: «لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ سَبْعٍ
وَعِشْرِينَ»
Artinya: Dari Mu’awiyah bin Abu Sufyan radhiyallahu
‘anhuma, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, beliau berkata mengenai
lailatul qadar itu terjadi pada malam ke-27 (H.R Abu
Daud no 1386, dishohihkan oleh syekh al-bani dalam shohihul jami' hadits no
5474)
Dan Nabi
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:
حَدَّثَنَا
زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنِي أَبُو
الزَّاهِرِيَّةِ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قُمْنَا مَعَ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةَ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ
فِي شَهْرِ رَمَضَانَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ الْأَوَّلِ ثُمَّ قَالَ لَا أَحْسَبُ
مَا تَطْلُبُونَ إِلَّا وَرَاءَكُمْ ثُمَّ قُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ خَمْسٍ
وَعِشْرِينَ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ ثُمَّ قَالَ لَا أُحْسَبُ مَا تَطْلُبُونَ
إِلَّا وَرَاءَكُمْ فَقُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ حَتَّى أَصْبَحَ
وَسَكَتَ
Artinya: Aku tak menimbang apa yg kalian minta
kecuali apa yg terjadi di belakang kalian nanti. Lalu kami mengerjakan shalat
lagi di malam dua puluh lima hingga tengah malam, beliau bersabda: Aku tak
menimbang apa yg kalian minta kecuali apa yg terjadi di belakang kalian nanti.
Kemudian kami melaksanakannya di malam kedua puluh tujuh hingga subuh &
beliau terdiam. (H.R Ahmad No 20585)
6. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 29 Ramadhan, hal
ini sebagaimana yang diterangkan didalam hadits Rasulullah Shollallahu 'Alaihi
Wasallam:
عن عُبَادَة بْنُ الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يُخْبِرُ بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ
فَتَلاحَى رَجُلانِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ، فَقَالَ : إِنِّي خَرَجْتُ لأُخْبِرَكُمْ
بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ ، وَإِنَّهُ تَلاحَى فُلانٌ وَفُلانٌ فَرُفِعَتْ ، وَعَسَى
أَنْ يَكُونَ خَيْرًا لَكُمْ ، الْتَمِسُوهَا فِي السَّبْعِ وَالتِّسْعِ
وَالْخَمْسِ
Artinya:
Dari Ubadah bin Shamit RA bahwasanya RAsulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam keluar
untuk memberitahukan lailatul qadar, namun ada dua orang dari kaum muslimin
yang bertengkar. Maka beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,
“Sesungguhnya aku keluar untuk memberitahukan kepada kalian lailatul qadar.
Namun si fulan dan si fulan justru cekcok, sehingga pengetahuan tentang
lailatul qadar telah diangkat dariku. Boleh jadi hal itu lebih baik bagi
kalian. Maka carilah lailatul qadar pada malam dua puluh tujuh, dua puluh
sembilan, dan dua puluh lima.” (HR. Bukhari no. 49, Malik no. 615 dan Ad-Darimi
no. 1715)
7. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 30 Ramadhan, Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam
bersabda:
عَنْ مُعَاوِيَةَ بنِ
أَبي سُفيانَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم :
«التَمِسُوا لَيْلَةَ القَدْرِ في آخِرِ لَيْلَةٍ»
Artinya: Dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan RA berkata:
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam terakhir Ramadhan!”
(HR. Muhammad bin Nashr Al-Marwazi dalam kitab Ash-Shalat dan Ibnu Khuzaimah
no. 2189. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no.
1471 dan Shahih Jami’ Shaghir no. 1238)
Catatan: Ini bisa
bermakna, malam ke 29 atau ke 30. karena kadang-kadang bulan ramadhan hanya 29
hari, juga kadang-kadang genap 30 hari.
8. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 28 Ramadhan, sebagaimana didalam
hadits Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam:
عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ عَنْ أَبِي ذَرٍّ
قَالَ : صُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
رَمَضَانَ فَلَمْ يَقُمْ بِنَا شَيْئًا مِنْ الشَّهْرِ حَتَّى إِذَا كَانَ
لَيْلَةُ أَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ قَامَ بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى كَادَ أَنْ يَذْهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ ، فَلَمَّا
كَانَتْ اللَّيْلَةُ الَّتِي تَلِيهَا لَمْ يَقُمْ بِنَا فَلَمَّا كَانَتْ
لَيْلَةُ سِتٍّ وَعِشْرِينَ قَامَ بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ حَتَّى كَادَ أَنْ يَذْهَبَ شَطْرُ اللَّيْلِ ، قَالَ قُلْتُ يَا
رَسُولَ اللَّهِ لَوْ نَفَّلْتَنَا بَقِيَّةَ لَيْلَتِنَا هَذِهِ قَالَ لا إِنَّ
الرَّجُلَ إِذَا قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ قِيَامُ
لَيْلَةٍ فَلَمَّا كَانَتْ اللَّيْلَةُ الَّتِي تَلِيهَا لَمْ يَقُمْ بِنَا ،
فَلَمَّا أَنْ كَانَتْ لَيْلَةُ ثَمَانٍ وَعِشْرِينَ جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَهْلَهُ وَاجْتَمَعَ لَهُ النَّاسُ فَصَلَّى
بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى كَادَ يَفُوتُنَا
الْفَلاحُ ، قَالَ قُلْتُ : وَمَا الْفَلاحُ ؟ قَالَ : السُّحُورُ ، ثُمَّ لَمْ
يَقُمْ بِنَا يَا ابْنَ أَخِي شَيْئًا مِنْ الشَّهْر.
Artinya:
Dari Jubair bin Nufair dari Abu Dzar Al-Ghifari RA berkata: “Kami melakukan
shaum Ramadhan bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam . Sejak awal Ramadhan beliau belum pernah melakukan
shalat malam (tarawih dan witir) berjama’ah dengan kami. Pada malam kedua puluh
empat, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengimami kami shalat malam sampai hampir
sepertiga malam pertama berlalu. Pada malam berikutnya, beliau Shallallahu
‘Alaihi Wa Sallam tidak melakukan
shalat malam bersama kami. Pada malam kedua puluh enam, beliau Shallallahu
‘Alaihi Wa Sallam melakukan shalat
malam berjama’ah dengan kami sehingga hampir setengah malam berlalu. Aku (Abu Dzar RA) bertanya, “Wahai Rasulullah, apa
tidak sebaiknya Anda menghabiskan sisa malam ini dengan shalat malam bersama
kami?” Beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
menjawab, “Tidak perlu. Jika seseorang telah melakukan shalat malam
bersama imam sampai imam selesai, maka dicatat baginya telah shalat semalam
suntuk.” Pada malam berikutnya, beliau tidak melakukan shalat malam bersama
kami. PAda malam kedua puluh delapan, beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengumpulkan seluruh keluarganya dan orang-orang
juga berkumpul. Maka pada malam itu beliau kembali melakukan shalat malam
(semalam penuh) sampai kami hampir kehilangan waktu kemenangan.”
Jubair bin Nufair bertanya, “Apakah waktu kemenangan
itu?”
Abu Dzar menjawab, “Yaitu makan sahur. Wahai anak
saudaraku, setelah itu sampai akhir bulan Ramadhan, beliau tidak melakukan
shalat malam bersama kami lagi.”
(HR. Ahmad no. 20450.
Sanadnya shahih)
9. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 26 Ramadhan, Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
صُمْنَا
مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَمَضَانَ فَلَمْ يَقُمْ
بِنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى بَقِيَ سَبْعٌ مِنْ
الشَّهْرِ فَقَامَ بِنَا حَتَّى ذَهَبَ نَحْوٌ مِنْ ثُلُثِ اللَّيْلِ ، ثُمَّ
كَانَتْ سَادِسَةٌ فَلَمْ يَقُمْ بِنَا ، فَلَمَّا كَانَتْ الْخَامِسَةُ قَامَ
بِنَا حَتَّى ذَهَبَ نَحْوٌ مِنْ شَطْرِ اللَّيْلِ ، قُلْنَا : يَا رَسُولَ
اللَّهِ لَوْ نَفَلْتَنَا قِيَامَ هَذِهِ اللَّيْلَةِ ، قَالَ : إِنَّ الرَّجُلَ
إِذَا صَلَّى مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ ،
قَالَ ثُمَّ كَانَتْ الرَّابِعَةُ فَلَمْ يَقُمْ بِنَا ، فَلَمَّا بَقِيَ ثُلاثٌ
مِنْ الشَّهْرِ أَرْسَلَ إِلَى بَنَاتِهِ وَنِسَائِهِ وَحَشَدَ النَّاسَ فَقَامَ
بِنَا حَتَّى خَشِينَا أَنْ يَفُوتَنَا الْفَلاحُ ثُمَّ لَمْ يَقُمْ بِنَا شَيْئًا
مِنْ الشَّهْرِ .
Artinya: “Kami melakukan shaum Ramadhan bersama
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Selama itu, beliau Shallallahu
‘Alaihi Wa Sallam tidak mengimami kami
shalat malam. Sampai akhirnya tersisa tujuh hari, maka beliau mengimami
kami shalat malam sehingga berlalu waktu sepertiga malam. Lalu tersisa enam
hari, namun beliau tidak mengimami kami shalat malam. Ketika malam kelima dari
malam yang terakhir, beliau mengimami kami shalat sehingga berlalu setengah
waktu malam. Kami berkata: “Wahai Rasulullah, apakah tidak sebaiknya Anda
mengimami kami semalam suntuk pada malam ini?” Beliau menjawab, “Jika seseorang
melakukan shalat malam bersama imam sampai imam selesai, maka telah dicatat
baginya shalat satu malam suntuk.” Lalu datanglah malam keempat dari malam yang
terakhir, beliau tidak mengimami kami shalat malam. Ketika tiba tiga malam
terakhir, beliau menyuruh anak-anak perempuan dan istri-istri beliau (untuk
berkumpul shalat malam). Beliau juga mengerahkan masyarakat (untuk shalat
malam). Maka beliau mengimami kami shalat malam sampai kami khawatir luput dari
kemenangan (makan sahur). Setelah itu sampai akhir bulan, beliau tidak
mengimami shalat malam lagi.” (HR. An-Nasai no. 1347, At-Tirmidzi no. 734, Abu
Daud no. 1167, Ibnu Majah no. 1317, dan Ad-Darimi no. 1713. Dishahihkan oleh
Al-Albani dalam Shahih Sunan An-Nasai)
10. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 24 Ramadhan, Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam
bersabda:
عَنْ
وَاثِلَةَ بْنِ الأَسْقَع ِرضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : أُنْزِلَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيمَ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ، وَأُنْزِلَتْ
التَّوْرَاةُ لِسِتٍّ مَضَيْنَ مِنْ رَمَضَانَ ، وَالإِنْجِيلُ لِثَلاثَ عَشْرَةَ
خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ ، وَأُنْزِلَ الْفُرْقَانُ لأَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ خَلَتْ
مِنْ رَمَضَانَ .
Artinya: Dari Watsilah bin
Al-Asqa’ RA bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Shuhuf Ibrahim diturunkan
pada malam pertama Ramadhan, Taurat diturunkan pada malam keenam Ramadhan,
Injil diturunkan pada malam ketiga belas Ramadhan, dan Al-Qur’an
diturunkan pada malam kedua puluh empat Ramadhan.” (HR. Ahmad no. 16370,
Ibnu Jarir Ath-Thabari, Muhammad bin Nashr Al-Marwazi, Ibnu Abi Hatim,
Ath-Thabarani, dan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman)
Dan Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
عن ابْن عَبَّاسٍ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ هِيَ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ هِيَ فِي تِسْعٍ يَمْضِينَ أَوْ فِي
سَبْعٍ يَبْقَيْنَ يَعْنِي لَيْلَةَ الْقَدْرِ ؛ وَعَنْ خَالِدٍ عَنْ عِكْرِمَةَ
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ : الْتَمِسُوا فِي أَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ ))
Artinya: Dari Ibnu Abbas RA berkata: Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
bersabda, “Lailatul qadar terjadi pada sepuluh malam yang terakhir,
yaitu setelah sembilan malam berlalu atau pada tujuh malam yang tersisa.”
Dari Khalid dari Ikrimah dari Ibnu Abbas berkata: “Carilah lailatul qadar
pada malam kedua puluh empat!” (HR. Bukhari no. 2024, Abu Daud no. 1173,
dan Ahmad no. 1948)
Didalam hadits lain diebutkan:
عَنْ بِلالٍ أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ
أَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ
Artinya: Dari Bilal RA bahwasanya Nabi Shallallahu
‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Lailatul
qadar adalah malam kedua puluh empat.” (HR. Ahmad no. 2765 dan Ath-Thabarani
dalam Al-Mu’jam Al-Kabir, 1/360. Imam Al-Haitsami dalam Majmauz Zawaid, 3/176,
menyatakan hadits ini hasan)
11. Lailatul qadar jatuh pada malan ke 22 Ramadhan, Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَأَبُو بَكْرِ بْنُ خَلَّادٍ قَالَا حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ أَبِي نَضْرَةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ
الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ اعْتَكَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَشْرَ الْأَوْسَطَ مِنْ رَمَضَانَ يَلْتَمِسُ
لَيْلَةَ الْقَدْرِ قَبْلَ أَنْ تُبَانَ لَهُ فَلَمَّا انْقَضَيْنَ أَمَرَ
بِالْبِنَاءِ فَقُوِّضَ ثُمَّ أُبِينَتْ لَهُ أَنَّهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ
فَأَمَرَ بِالْبِنَاءِ فَأُعِيدَ ثُمَّ خَرَجَ عَلَى النَّاسِ فَقَالَ يَا
أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّهَا كَانَتْ أُبِينَتْ لِي لَيْلَةُ الْقَدْرِ وَإِنِّي
خَرَجْتُ لِأُخْبِرَكُمْ بِهَا فَجَاءَ رَجُلَانِ يَحْتَقَّانِ مَعَهُمَا
الشَّيْطَانُ فَنُسِّيتُهَا فَالْتَمِسُوهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ
رَمَضَانَ الْتَمِسُوهَا فِي التَّاسِعَةِ وَالسَّابِعَةِ وَالْخَامِسَةِ قَالَ
قُلْتُ يَا أَبَا سَعِيدٍ إِنَّكُمْ أَعْلَمُ بِالْعَدَدِ مِنَّا قَالَ أَجَلْ
نَحْنُ أَحَقُّ بِذَلِكَ مِنْكُمْ قَالَ قُلْتُ مَا التَّاسِعَةُ وَالسَّابِعَةُ
وَالْخَامِسَةُ قَالَ إِذَا مَضَتْ وَاحِدَةٌ وَعِشْرُونَ فَالَّتِي تَلِيهَا
ثِنْتَيْنِ وَعِشْرِينَ وَهِيَ التَّاسِعَةُ فَإِذَا مَضَتْ ثَلَاثٌ وَعِشْرُونَ
فَالَّتِي تَلِيهَا السَّابِعَةُ فَإِذَا مَضَى خَمْسٌ وَعِشْرُونَ فَالَّتِي
تَلِيهَا الْخَامِسَةُ و قَالَ ابْنُ خَلَّادٍ مَكَانَ يَحْتَقَّانِ يَخْتَصِمَانِ
Artinya: telah dijelaskan kepadaku tentang
Lailatul Qadr, & kau keluar untuk memberitahukan kepada kalian tentang hal
itu. Namun kemudian datang dua orang yg sama-sama mengaku benar sedangkan
mereka ditemani oleh syetan. Sehingga Lailatul Qadr terlupakan olehku. Maka
carilah Lailatul Qadr pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadlan, carilah
Lailatul Qadr pada malam kesembilan, ketujuh & kelima (dalam sepuluh malam
terakhir itu). Seseorang berkata, Wahai Abu Sa'id! Kamu tentu lebih tahu
bilangan itu dari pada kami. Abu Sa'id menjawab, Tentu, kami lebih mengetahui
tentang hal itu daripada kalian. Orang itu bertanya lagi, Apa yg dimaksud dgn
malam ke sembilan, ketujuh & kelima? ia menjawab, Jika malam kedua puluh
satu telah lewat, maka yg berikutnya adl malam ke dua puluh dua, & itulah
yg dimaksud dgn malam ke sembilan. Dan apabila malam ke dua puluh tiga telah
berlalu, maka berikutnya adalah malam ke tujuh, & jika malam ke dua puluh
lima telah berlalu, maka berikutnya adalah malam ke lima. Dalam riwayat lain
Ibnu Khallad berkata Redaksi keduanya sama-sama mengaku benar seharusnya
keduanya bersengketa. . (H.R Muslim No 1996)
YANG ROJIH:
Dan setelah kita mencermati dalil-dali diatas maka Pendapat yang terkuat adalah yang mengatakan
bahwa lailatul qadar terdapat di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.
Inilah pendapat yang paling mendekati kebenaran .
Tidak
ada batasan tertentu dalam permasalahan ini akan tetapi Allah Subuhanahu
Wata'ala menyembunyikannya. untuk menjadi hikmah bagi hambaNya.
- Abu
Qilabah dan segolongan ulama berpendapat bahwa lailatul qadar itu
berpindah-pindah setiap tahunnnya.
Maka
oleh karena itu, marilah kita kembali kepada hadits Rasulullah Shollallahu
'Alaihi Wasallam:
وحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ جَبَلَةَ قَالَ
سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يُحَدِّثُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ كَانَ مُلْتَمِسَهَا
فَلْيَلْتَمِسْهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ
Artinya: Siapa yang ingin mencari (Lailatul
Qadr), maka hendaklah ia mencarinya pada sepuluh akhir Ramadlan. . (H.R Muslim
No 1990).
Dan Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
وحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ عَنْ الشَّيْبَانِيِّ عَنْ جَبَلَةَ وَمُحَارِبٍ
عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَحَيَّنُوا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ
الْأَوَاخِرِ أَوْ قَالَ فِي التِّسْعِ الْأَوَاخِرِ
Artinya: Carilah Lailatul Qadr pada sepuluh
hari terakhir -atau beliau berkata- pada sembilan hari terakhir (dari bulan
Ramadlan). . (H.R Muslim No 1991).
Catatan: Tidak
ada pertentangan didalam kedua hadits diatas, semuanya menunjukkan bahwa
lalilatul qadar itu terletak dihari terakhir ramadhan. dan bulan ramadhan
kadang-kadang berjumlah 30 hari, dan kadang-kadang berjumlah 29 hari. wallahu
a'lam.
Istifadah:
Tanda-Tanda Lailatul
Qadar
1. Cuaca malam itu sedang dan anginnya tenang.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata, Rasulullah bersabda:
حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ، حَدَّثَنِي أَبُو عَامِرٍ،
حَدَّثَنَا زَمْعَةُ، عَنْ سَلَمَةَ -هُوَ ابْنُ وَهْرَامَ- عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَبِيّ - صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - فِي لَيْلَةِ
الْقَدْرِ: "لَيْلَةٌ طَلْقَةٌ لَا حَارَّةٌ، وَلَا بَارِدَةٌ، تُصْبِحُ
الشَّمْسُ يَوْمَهَا حَمْرَاءَ ضَعِيفَةً".
Artinya: "Lailatul
Qadar adalam malam yang tenang, cerah, tidak panas, dan tidak pula dingin. Pada
pagi harinya matahari terbit dengan cahaya yang lemah dan berwarna
kemerahan." ( HR. ath-Thayalisi, Ibnu Khuzaiman (2912), al-Bazzar dan Al
Baihaqi dalam Syu’abul Iman, lihat Jaami’ul Ahadits 18: 361. Syaikh Al Albani
mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahihul Jaami’ no. 5475.)
2. Ada
ketrentaman dan ketenangan pada malam itu yang dibawa turun oleh para malaikat,
sehingga manusia merasakan ketrentaman hati, lapang dada dan kelezatan
beribadah pada malam itu yang tidak pernah dirasakannya pada malam-malam
lainnya.
Al
Qurthubi mengatakan bahwa pada malam itu pula para malaikat turun dari setiap
langit dan dari sidrotul muntaha ke bumi dan mengaminkan doa-doa yang diucapkan
manusia hingga terbit fajar. Para malaikat dan jibril as turun dengan membawa
rahmat atas perintah Allah swt juga membawa setiap urusan yang telah ditentukan
dan ditetapkan Allah di tahun itu hingga yang akan datang. Lailatul Qodr adalah
malam kesejahteraan dan kebaikan seluruhnya tanpa ada keburukan hingga terbit
fajar, sebagaimana firman-Nya :
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ
رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ﴿٤﴾ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ﴿٥﴾
Artinya : "Pada malam itu turun malaikat-malaikat
dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam
itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS.
Al Qodr : 4 – 5)
3. Sebagian orang melihatnya dalam mimpi, sebagaimana
pernah dialami oleh sebagian Shahabat Nabi Shollallahu alaihi wasallam.
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ،
أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ رِجَالاً مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ - صلى الله
عليه وسلم - أُرُوا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْمَنَامِ فِى السَّبْعِ الأَوَاخِرِ
، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - أَرَى رُؤْيَاكُمْ قَدْ
تَوَاطَأَتْ فِى السَّبْعِ الأَوَاخِرِ ، فَمَنْ كَانَ مُتَحَرِّيَهَا
فَلْيَتَحَرَّهَا فِى السَّبْعِ الأَوَاخِرِ
Artinya: Sesungguhnya sebagian sahabat Nabi
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bermimpi
lailatul qadar terjadi pada tujuh hari terakhir (Ramadhan). Maka Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
bersabda, "Aku melihat mimpi kalian bertemu pada tujuh malam
terakhir, maka barangsiapa yang ingin mencarinya, hendaklah ia mencari pada
tujuh malam terakhir." (HR. Bukhari no 2015, Muslim no1165)
4. Pada pagi harinya matahari terbit dengan jernih
tanpa memancarkan sinarnya. Diriwayatkan dari Ubay bin Ka'ab, Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam
bersabda::
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مِهْرَانَ الرَّازِيُّ،
حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ، حَدَّثَنِي
عَبْدَةُ، عَنْ زِرٍّ، قَالَ: سَمِعْتُ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ، يَقُولُ: وَقِيلَ
لَهُ إِنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: «مَنْ قَامَ السَّنَةَ أَصَابَ
لَيْلَةَ الْقَدْرِ»، فَقَالَ أُبَيٌّ: «وَاللهِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ،
إِنَّهَا لَفِي رَمَضَانَ، يَحْلِفُ مَا يَسْتَثْنِي، وَوَاللهِ إِنِّي لَأَعْلَمُ
أَيُّ لَيْلَةٍ هِيَ، هِيَ اللَّيْلَةُ الَّتِي أَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقِيَامِهَا، هِيَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ سَبْعٍ
وَعِشْرِينَ، وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِي صَبِيحَةِ يَوْمِهَا
بَيْضَاءَ لَا شُعَاعَ لَهَا»
Artinya: Ubay (bin Ka'ab) berkata, "Demi Allah
yang tiada tuhan melainkan Dia. Sesungguhnya ia terjadi di bulan Ramadhan. Dan
demi Allah sesungguhnya aku mengetahui malam itu. Ia adalah malam yang
Rasulullah memerintahkan kami untuk qiyamullail, yaitu malam kedua puluh tujuh.
Dan sebagai tandanya adalah pada pagi harinya matahari terbit dengan cahaya
putih yang tidak bersinar-sinar menyilaukan." (HR. Muslim no 762)
Dzikir yang dibaca
ketika datangnya lailatul qadar:
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا
قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ
عَنِّى
Artinya: Dari Aisyah ia berkata, "Aku bertanya,
'Ya Rasulullah jika aku mengetahui bahwa malam itu adalah lailatul qadar, apa
yang harus aku ucapkan waktu itu?' Rasulullah bersabda, 'Ucapkanlah:
Allaahumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii (Ya Allah
sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan,
maka maafkanlah aku).' (HR. Tirmidzi (3513), Ibnu Majah (3850 ) dishohihkan oleh syekh Al-Albani rahimahullahu ta'ala)
Kenapa dinamakan
lailatul qadar?[1]
Pendapat
pertama:
Dinamakan lailatul qadar karena didalamnya para malaikat menulis
taqdir semua hamba allah selama setahun itu, hal ini berdasarkan firman Allah
azza wajalla:
ﻓِﻴﻬَﺎ ﻳُﻔْﺮَﻕُ ﻛُﻞُّ ﺃَﻣْﺮٍ ﺣَﻜِﻴﻢ
Artinya: Pada malam itu, dijelaskan segala
urusan yang penuh hikmah (Q.S Ad-Dukhân: 4)
Ini adalah pendapat Ibnu Abbas radhiyallâhu
‘anhu dan qotadah. Sebagian ulama
menganggap itu sebagai pendapat kebanyakan ahli tafsir. ini juga adalah
pendapatnya Imam Nawawi.
Pendapat kedua:
Dinamakan lailatul qadr karena keagungan dan
kemuliaannya. Dalam bahasa Arab, bila dikatakan bahwa si fulan memiliki qadr,
berarti dia memiliki kedudukan dan kemuliaan. ini adalah pendapat Imam Az-Zuhry rahimahullâh dan
selainnya. hal ini berdasarkan firman Allah Subhânahu wa Ta'ala:
ﻟَﻴْﻠَﺔُ ﺍﻟْﻘَﺪْﺭِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ
Artinya: “Malam kemuliaan itu lebih baik
daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr: 3)
Pendapat ketiga:
Dinamakan lailatul qadr karena, pada malam itu,
bumi menjadi sempit dan sesak oleh para malaikat. Oleh karena itu, kata qadr
dalam hal ini bermakna penyempitan. Pendapat ini bisa dikuatkan oleh sabda Nabi
shallallâhu ‘alaihi wa sallam tentang lailatul qadr,
ﺇِﻧَّﻬَﺎ ﻟَﻴْﻠَﺔُ ﺳَﺎﺑِﻌَﺔٍ ﺃَﻭْ ﺗَﺎﺳِﻌَﺔٍ
ﻭَﻋِﺸْﺮِﻳﻦَ ﺇﻥَّ ﺍﻟْﻤَﻼَﺋِﻜَﺔَ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟﻠَّﻴْﻠَﺔَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﺃَﻛْﺜَﺮُ ﻣِﻦ ﻋَﺪَﺩِ ﺍﻟْﺤَﺼَﻰ
Artinya: “Sesungguhnya (lailatul qadr) itu
(berada pada) malam kedua puluh tujuh atau kedua puluh sembilan, dan
sesungguhnya para malaikat di muka bumi pada malam itu lebih banyak daripada
jumlah batu-batu kerikil.” [Dikeluarkan oleh Ath-Thayâlisy, Ahmad, Ibnu
Khuzaimah, dan Abu Ya’la dari hadits Abu Hurairah radhiyallâhu ‘anhu.
Dihasankan oleh Syaikh Al-Albany rahimahullâh dalam Silsilah Al-Ahâdits
Ash-Shahîhah no. 2205]
Al-Hâfizh Ibnu Hajar menyebutkan sisi lain dari
keterkaitan lailatul qadr dengan makna penyempitan, yaitu lailatul qadr
terkesan sempit karena penentuannya adalah hal yang tersembunyi, tidak
dipastikan.
Pendapat keempat:
Dinamakan lailatul qadr karena, pada malam itu,
Allah menurunkan Al-Qur`an yang merupakan kitab yang penuh dengan keagungan dan
kemuliaan.
Demikian beberapa pendapat ulama yang, jika
diperhatikan secara saksama, tidaklah saling bertentangan, bahkan seluruh
kandungan pendapat itu menunjukkan keagungan dan kemuliaan lailatul qadr.
99. Hikmah disembunyikanya Waktu Lailatul
Qodar
1.
Agar hambaNya
berlomba-lomba didalam beribadah dan meraih pahala yang terkandung dalam malam
lailatul qadar,
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «مَنْ قَامَ لَيْلَةَ
القَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Artinya: Barangsiapa qiyamullail pada lailatul qadar
karena iman dan mengharapkan perhitungan (pahala), diampuni dosa-dosanya yang
telah lalu. (HR. Bukhari no 1768)
2.
Agar hambaNya selalu
semangat didalam menghidupkan 10 hari terakhir ramadhan
عن أَبي سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قال
:......فَخَطَبَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ:
«إِنِّي أُرِيتُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ، وَإِنِّي نَسِيتُهَا - أَوْ أُنْسِيتُهَا -،
فَالْتَمِسُوهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ كُلِّ وِتْرٍ
Artinya: Sungguh aku diperlihatkan lailatul qadar,
kemudian aku dilupakan –atau lupa- maka carilah ia di sepuluh malam terakhir,
pada malam-malam yang ganjil. (H.R Bukari no 2036,
Muslim no 1167)
3.
Agar hambaNya selalu
berharap dan menunggu-nunggu lailatul qodar dengan ibadah dan amal yang baik,
Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam Bersabda:
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ وَوَكِيعٌ عَنْ
هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ابْنُ نُمَيْرٍ
الْتَمِسُوا وَقَالَ وَكِيعٌ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ
مِنْ رَمَضَانَ
Artinya: Cari dan tunggulah malam lailatul Qadr
dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadlan. Ibnu Numair mengatakan dgn redaksi;
ILTAMISUU sementara Waki' mengatakan dgn redaksi; TAHARRAW. Dan maknanya adl
satu, yakni mencari-cari & menunggu. . (H.R Muslim No 1998).
Istifadah:
Para ulama mengatakan bahwa hikmah Allah
menyembunyikan pengetahuan tanggal pasti terjadinya lailatul qadar adalah agar orang bersemangat untuk
mencarinya. Hal ini berbeda jika lailatul qadar sudah ditentukan tanggal
pastinya, justru nanti malah orang-orang akan bermalas-malasan (lihat Fathul
Bari, 4: 266).
[1] Ibnu Al-Jauzi pula mengatakan dalam kitab Zad
Al-Muyassar,jilid 9,halaman 182,sebagai berikut:
Dalam hal menamakan malama tersebut dengan
malam lailatul qadar terdapat 5 pendapat
1. Al-Qadar beerti keagungan,di tamsilakan kepada ucapan engkau kepada seseorang dengan ucapan"si polan itu memiliki
1. Al-Qadar beerti keagungan,di tamsilakan kepada ucapan engkau kepada seseorang dengan ucapan"si polan itu memiliki
qadar" sebagai mana pendapat yang
dikemukakan az-zuhri
2-Kalimat itu bermakna sempit,maksudnya bumi pada malam itu menjadi sempit kerana para malaikat turun.Inilah pendapat
2-Kalimat itu bermakna sempit,maksudnya bumi pada malam itu menjadi sempit kerana para malaikat turun.Inilah pendapat
Al-Khalil bin Ahmad.beliau menyandarkan
pendapatnya kepada firman Allah dalam surah At-Talaq ayat 7 yg bermaksud
"Dan orang-orang yang disempitkan
rezekinya"
3-Ibnu Qutaibah pula berpendapat bahawa qadar itu beerti hukum atau ketentuan yg segala sesutunya ditentukan pada
3-Ibnu Qutaibah pula berpendapat bahawa qadar itu beerti hukum atau ketentuan yg segala sesutunya ditentukan pada
malama itu.
4-Abu Bakar Al-Warraq mengatakan bahawa Al-Qadar itu beerti kedudukan.Ini kerana sesiapa yang tidak mmpunyai
4-Abu Bakar Al-Warraq mengatakan bahawa Al-Qadar itu beerti kedudukan.Ini kerana sesiapa yang tidak mmpunyai
kedudukan maka jadilah ia sebagai penjaga
orang yang memiliki kedudukan.
5-Kerana pada malam itu diturukn Al-Quran yang mempunyai kedudukan dan kemuliaan.
5-Kerana pada malam itu diturukn Al-Quran yang mempunyai kedudukan dan kemuliaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar